Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai wadah bagi para guru untuk berdiskusi, berkreasi berkait dengan pembelajaran.
A. Tujuan
- Memperluas wawasan dan pengetahuan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusuna silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, memakasimlkan pemakaian sarana prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar.
- Memberi kesempatan kepada anggota MGMP untuk berbagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik.
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengadopsi pendekatan pemberuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi peserta MGMP.
- Memberdayakan dan membantu anggota MGMP dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
- Mengubah budaya kerja (meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan kinerja) dan mengembangkan profesional gugu melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP.
- Meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkan hasil belajar peserta didik.
- Meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan-kegiatan di tingkat MGMP.
B. Program Rutin Sekurang-kurangnya
- Diskusi masalah pembelajaran
- Penyusunan silabus, program semester, dan rencana program pembelajaran
- Analisis Kurikulum
- Penyusunan Instrumen evaluasi pembelajaran
- Pembahasan mataeri dan pemantapan menghadapi ujian nasional
C. Program Pengembangan
- Penelitian
- Penulisan Karya Tulis Ilmiah
- Seminar, lokakarya, koloqium (paparan hasil penelitian) dan diskusi panel.
- Pendidikan pelatihan berjenjang
- Penerbitan jurnal MGMP
- Penyusunan website MGMP
- Forum MGMP Propinsi
- Kompetensi kinerja guru
- Peer coaching (pelatihan sesama guru menggunakan media ICT)
- Lesson Study (kerajasama antarguru untuk memecahkan masalah pembelajaran)
- Profesional Learning Community (Komunitas Belajar Profesional)
- TIPD (Teachers International Proffesional Development) kerjasama MGMP Internasional
- Blobal Gateaway (Kemitraan Lintas Negara)